Watu Payung

Mengenal Tiga Wisata di Shiva Plateau; Selo Langit, Bukit Teletubbies, dan Bukit Klumprit

Saya bisa mafhum jika masih ada yang asing dengan tiga nama wisata di atas. Wajar saja, wisata tersebut masih jarang diketahui dan dikunjungi oleh para pelancong yang sedang berlibur di Jogjakarta. Karena kurangnya wisatawan yang bepergian ke sana, pesonanya pun tidak serta merta muncul ke permukaan media digital layaknya tempat wisata lain.

Sialnya, selain tidak mengenal tiga wisata di atas, sebagian dari kita pun hampir tidak pernah mendengar nama Shiva Plateau.

Sebagai gambaran umum, Shiva Plateau merupakan dataran tinggi yang berada di wilayah Sleman bagian timur, sebelah selatan Prambanan. Plateau atau yang dengan nama lain Plato memiliki arti dasar berupa dataran tinggi. Sedangkan Shiva (Siwa) diambil dari nama Dewa Hindu. Penggunaan nama ini bisa jadi karena di dataran tersebut ada banyak candi peninggalan berkebudayaan Hindu.

Jika pernah berkunjung ke beberapa tempat wisata seperti Tebing Breksi, Candi Ijo, atau Candi Ratu Boko, maka kamu sudah menjelajahi sebagian kecil Shiva Plateau. Dengan tiga nama wisata baru yang disebutkan di atas, itu artinya semakin banyak variasi wisata yang bisa dikunjungi.


Bermula dari Tebing Breksi, wisata pertama yang akan dituju adalah Selo/Watu Langit. Di Breksi, sudah tersedia beberapa jip yang siap mengantar ke

Menggunakan kendaraan pribadi seperti roda atau bahkan roda empat dimungkinkan untuk menuju tempat wisata. Hanya saja, karena merupakan dataran tinggi, tentunya tekstur jalan naik turun harus dilewati. Walaupun kontur jalan sudah bagus, tapi di beberapa lokasi perlu kelihaian pengemudi melawati medan.

Oleh karena itu, saya sarankan untuk menggunakan paket tur jip yang tersedia di Tebing Breksi untuk petualangan yang lebih menantang, dan asik tentunya. Tergantung paket yang kamu pilih, harganya bervariasi mulai dari Rp.200.000.

Selo Langit

Bukit Teletubbies

Bukit Klumprit

 

Yugo Dedy Purwanto

<p>Web Programmer and traveler. Penulis blog pribadi dalam hal berbagi pengalaman menjelajahi seluk beluk Nusantara.</p>
<p>Hobi foto dan jalan-jalan.</p>

2 Comments

  1. Nice, pemandangan di Sleman memang masih bagus. Banyak tempat wisata alam yang indah untuk dikunjungi.

    1. Betul banget. Dinpar Sleman juga irit banget memperkenalkan tempat wisata di daerahnya. Dikit demi dikit dipublikasikannya. 😀

Tinggalkan Komentar