Lima Tips Traveling Saat Berpuasa ala Bentang Nusantara

Bagi umat muslim yang memenuhi syarat, wajib hukumnya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Tak hanya di bulan Ramadan, puasa juga bisa dijalankan di luar bulan tersebut dengan niat yang berbeda, misal puasa senin & kamis, puasa Daud, atau bisa juga puasa nazar.

Menahan lapar dan nafsu pada saat puasa seringkali dijadikan alasan untuk mengurangi berbagai kegiatan. Intinya, malas mau ngapa-ngapain. Pun begitu dengan traveling. Takut karena kelelahan dalam perjalanan, maka kegiatan ini dikurangi. Padahal, kalau kamu tau tipsnya, bisa saja menyiasati traveling saat puasa. Traveling tetap dilakukan, ibadah puasa tetap khusyuk.

Bawa Barang Bawaan Ringan

Usahakan bawa barang seperlunya saat bepergian jalan-jalan. Ada beberapa barang yang bisa kamu kurangi, semisal makanan & minuman. Tentunya, makanan & minuman tersebut kamu hanya butuhkan saat berbuka puasa bukan? Jika kamu jalan-jalan saat jam belum menunjukkan pukul 12.00 ada baiknya makanan & minuman tidak dimasukkan ke dalam daftar bawaan.

Walau mengurangi beberapa barang baeaan, jangan lupa untuk membawa alat ibadah. Khusus untuk wanita, bawalah mukena dari bahan yang ringan dan ringkas untuk dibawa.

Berangkat Subuh Hari

Mumpung perut masih kenyang dan tenaga masih penuh, ada baiknya kamu berangkat menuju tempat tujuan saat matahari belum terbit. Pastikan juga bahwa kamu sudah menunaikan ibadah shalat subuh ya.

Sunrise di daerah Cangkringan, Sleman
Sunrise di daerah Cangkringan, Sleman

Berangkat subuh hari memberikan kamu satu keuntungan, sunrise. Kamu bisa menyaksikan matahari terbit selama perjalanan, atau bisa juga di tempat tujuan. Bagi yang kamu susah sekali berangkat pagi untuk untuk mengejar sunrise, ini merupakan kesempatan kamu untuk mendapatkannya.

Cari Destinasi Perkotaan dan Ramah Muslim

Jalan-jalan itu tak melulu ke hutan, pantai, atau gunung/bukit. Menjelajah seputar perkotaan juga bisa disebut sebagai jalan-jalan atau traveling. Ada banyak destinasi yang bisa kamu tuju, misal taman bermain atau theme park, museum, candi, dan bangunan bersejerah lainnya.

Farm House di Lembang, Jawa Barat
Farm House di Lembang, Jawa Barat

Jalan-jalan di area perkotaan, selain karena tak membuang tenaga banyak karena harus melakukan perjalanan jauh, kamu juga bisa mendapati lokasi yang tak umum, khususnya di luar bulan Ramadan, Pasar Ramadan misalnya. Lumayan kan, sembari jalan-jalan, kamu juga bisa mempersiapkan makanan & minuman buat berbuka.

Cari Tahu Waktu Berbuka dan Imsyak

Ini informasi yang cukup penting. Dengan mengetahui waktu berbuka, kamu bisa memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk jalan-jalan. Hal ini demi kesehatan kamu juga, jangan sampai traveling membuat kamu menunda berbuka yang berakibat pada kesehatan sistem kerja lambung.

Memberi Bantuan pada Sesama

Di bulan Ramadan, orang berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan.

Sesekali, cobalah lakukan perjalanan yang lain dari biasanya. Jika umumnya kamu pergi ke suatu daerah, menjelajah, dan pulang membawa hasil foto untuk blog. Maka kali ini tambahkan agenda bersosial dengan kaum dhuafa atau kurang mampu, panti sosial misalnya.

Jika kamu beranggapan butuh banyak modal untuk melakukannya. Cobalah untuk melakukan dari hal yang kecil, misal membantu menyiapkan takjil, mengajar, dan berbagi pengalaman pada anak yatim-piatu, dan lainnya.

***

Semoga dengan lima tips diatas, dapat mengatasi rasa malas kita untuk melakukan kegiatan selama berpuasa. Ngomong-ngomong, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan! 🙂

Tinggalkan Komentar