Kalender Event Nusantara Tahun 2017

Presiden Joko Widodo telah menetapkan target pada tahun 2019 jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia harus mencapai 20 juta kunjungan dan 275 juta pergerakan perjalanan wisatawan nusantara. Untuk mencapai target tersebut, banyak cara yang dilakukan guna meningkatkan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara, salah satunya dengan melakukan promosi se-efektif dan semaksimal mungkin.

Sektor Pariwisata menjadi penyumbang PDB, devisa, dan lapangan kerja yang paling mudah dan murah di Indonesia.
— Arief Yahya

Pernyataan Menteri Pariwisata tersebut terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia, maupun pergerakan perjalanan wisatawan di dalam negeri. Beragam festival dan kegiatan siselenggarakan untuk mengattrack kunjungan wisatawan sekaligus memperkenalkan keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia. Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia pun telah dikenal dan dapat ditemui di setiap event Pariwisata.

Melalui brosur Calender of Event (CoE) tahun 2017 ini, diharapkan dapat memperkenalkan keragaman event yang ada di Indonesia dan membantu wisatawan dalam memilih serta menentukan destinasi mana yang akan dikunjungi untuk berwisata. Diharapkan pula dari penyelenggaraan event-event pilihan yang memiliki daya jual tinggi tersebut, dapat menggerakkan wisatawan untuk berkunjung ke daerah-daerah potensial di Indonesia.

Selamat berwisata.
Salam Pesona Indonesia!


Unduh brosur Event Nusantara tahun 2017 di tautan ini:  Calendar of Event 2017 Nusantara


Daftar Isi

Aceh

Festival Danau Laut Tawar (Kabupaten Aceh Tengah)

13-16 APRIL 2017

Salah satu daya tarik wisata yang dimiliki oleh Kab.Aceh Tengah adalah keunikan dan keindahan danau laut air tawar yang merupakan danau yang sangat cocok untuk atraksi wisata olahraga air, seperti berenang dan memancing. Untuk menjaga dan melestarikan daya tarik wisata tersebut, perlu diselenggarakan berbagai event atraksi wisata “Festival Danau Laut Tawar” dengan rangkaian kegiatan seperti pacuan kuda, Laut Tawar Bike
Championship, Pentas Seni Gayo, Pameran Foto, Lomba Prahu, Lomba Marathon Lintas Danau Laut Tawar 10K, dan lain-lain yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sail Sabang (Sabang)

September 2017

Atraksi wisata marina untuk mempromosikan Sabang sebagai Destinasi Wisata bahari dengan mengikutsertakan beberapa kapal yacht luar negeri yang akan singgah di Sabang dan didukung dengan beberapa atraksi wisata budaya menarik lainnya. Adapun atraksinya seperti Pagelaran Seni dan Budaya, Festival Diving, Festival Layang-layang, Pameran Foto, dan lain-lain. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan September 2017 di Kota Sabang.

Aceh International Rapa’i Festival (Banda Aceh)

September 2017

Festival Musik Perkusi Internasional memiliki daya tarik tersendiri yang bersifat unik dan spesifik karena seluruh peralatan musiknya bersifat tradisional yang merupakan warisan masa lalu. Melalui Aceh International Rapa’i Festival dengan mengundang beberapa negara sahabat yang memiliki peralatan musik tradisional akan menjadi event yang menarik dalam mempromosikan Aceh melalui musik tradisi. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan September 2017 di Kota Banda Aceh.


Sumatera Utara

Ramadhan Fair (Taman Sri Deli Masjid Raya Medan)

Ramadhan 2017

Ramadhan Fair merupakan event tahunan yang sudah berlangsung selama 13 tahun. Pertama kali diadakan pada tahun 2003. Lokasi pelaksanaan di Taman Sri Deli yang berada di sisi Mesjid Raya Medan. Event ini sangat ditunggu-tunggu warga kota Medan, sebab pada event ini mereka dapat membawa sanak keluarga untuk melihat pameran-pameran yang bernafaskan Islam.

Pekan Raya Sumatera Utara

Minggu ke-2 Maret hingga Minggu ke-2 April 2017

Pekan Raya Sumatera Utara merupakan event tahunan yang tidak pernah putus dilaksanakan sejak tahun 1972. Event ini dilaksanakan sebulan penuh dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Sumatera Utara. Dilaksanakan pada minggu kedua Maret hingga Minggu kedua April. Berbagai stand dari Kabupaten/Kota Sumatera Utara yang menawarkan kerajinan dan hasil produksi daerah masing-masing terdapat di area pameran tersebut ditambah pameran lainnya seperti industri dan otomotif.

Festival Danau Toba

September 2017

Festival Danau Toba merupakan event budaya, pariwisata, dan olahraga. Cikal bakal event ini adalah Pesta Danau Toba dan dimulai tahun 1980-an dan berubah menjadi Festival Danau Toba pada tahun 2011. Sejak berganti menjadi Festival Danau Toba lokasi pelaksanaan event dilakukan secara bergantian di kabupaten sekawasan Danau Toba.


Riau

Bakar Tongkang (Kota Bagansiapi-api)

Juli 2017

Ritual Bakar Tongkang merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahunnya di Kota Bagansiapi-api, Kabupaten Rokan Hilir. Waktu pelaksanaan bulan Juli 2017. Ritual Bakar Tongkang bertujuan untuk mengenang arwah para leluhur orang Tionghoa dalam menemukan Bagansiapi-api. Ritual dilaksanakan sebagai bentuk syukur mereka kepada Dewa Laut.

Bono (Teluk Meranti)

Maret 2017

Bono adalah fenomena alam yang luar biasa, hanya ada 5 di dunia. Dimana pertemuan arus sungai dan laut menimbulkan ombak yag tingginya 3-6 meter dengan panjang mencapai 42 kilometer. Beberapa peselancar menyebut beberapa gelar untuk ombak di Bono, seperti The Seven Ghost dan Water from The Moon. Waktu pelaksanaan pada bulan Maret 2017 di daerah Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Pacu Jalur (Teluk Kuanta)

Agustus 2017

Pacu Jalur telah dikenal masyarakat Kuantan Sengingi sejak lama. Waktu pelaksanaan pada bulan Agustus 2017 di Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Sengingi. Pacu Jalur merupakan sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu pohon. Selain sebagai olahraga yang menyedot perhatian masyarakat, Pacu Jalur juga mempunyai daya tarik magis. Festival Pacu Jalur dalam wujudnya memag merupakan perpaduan antara unsur olahraga, seni dan olah batin.


Sumatera Barat

Tour De Singkarak (18 Kota di Semutera Barat)

7 Agustus 2017

Tour de Singkarak merupakan event balap sepeda internasional yang telah diklasifikasikan Union Cycliste Internationale (UCI) atau Asosiasi Balap Sepeda International dengan kategori 2.2. Tour de Singkarak merupakan event yang bersifat sport tourism. Acara ini dilaksanakan dengan 9 etape dimana setiap etape akan melalui destinasi unggulan di Sumatera Barat. Pada saat start dan finish akan ditampilkan atraksi budaya dan kesenian khas Sumatera Barat.

Pesta Tabuik (Padang Pariaman)

6-11 November 2017

Pesta Tabuik adalah bentuk upacara masyarakat Pariaman dalam memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad Hasan dan Hussain di Padang Karbala. Menurut sejarah Pariaman, Pesta Tabuik adalah bentuk usaha pembauran antara pasukan yang dahulu adalah bagian dari pasukan Inggris dengan masyarakat Pariaman.

SIMFES (Sawahlunto International Music Festival)

16 September 2017

SIMFES merupakan festival musik komposisi etnik, modern, dan kontemporer di Kota Sawahlunto. Dimana Sawahlunto merupakan daerah wisata sejarah dan tambang yang disesuaikan dengan pagelaran musik. SIMFES akan memperlihatkan keberagaman musikal dari berbagai etnik di dunia.


Kepulauan Riau

Tour De Bintan

3-5 Maret 2017

Tour de Bintan merupakan salah satu ajang perlombaan sepeda internasional yang diikuti peserta dari 40 negara di dunia. Acara ini menguji ketahanan dalam bersepeda. Sembari bersepeda, pembalap akan melintasi bukit, hutan dan pantai yang indah melewati area pusat pulau Bintan. Union Cycliste Internationale (UCI) atau Asosiasi Balap Sepeda International resmi mengumumkan bahwa ajang Tour De Bintan dipastikan masuk dalam kalender penting pertandingan untuk kategori Grand Fondo World Series 2017.

Tour De Barelang

13 Mei 2017

Tour de Barelang merupakan ajang lomba Balap Sepeda dengan rute melintasi jalan raya Sekupang hingga Trans Barelang sepanjang 110 Km, yang diikuti oleh peserta dari 28 negara di dunia. Ajang lomba ini merupakan kerjasama Dinas Pariwisata Kebudayaan Kota Batam dengan Cycosport Singapura.

Dragon Boat Race

Oktober 2017

Lomba Perahu Naga (Dragon Boat Race) merupakan olahraga bernuansa budaya berskala internasional yang dimulai sejak tahun 1992 dimana diangkat dari sebuah tradisi ritual keagamaan masyarakat Tionghoa “Sembahyang Keselamatan Laut” di Tanjungpinang yang sudah berlangsung sejak tahun 1950-an. Lomba Perahu Naga ini ditetapkan menjadi kalender rutin tahunan oleh pemerintah Kota Tanjungpinang untuk menarik wisatawan domestik dan asing ke Ibukota Provinsi Kepulauan Riau.


Bangka Belitung

Festival Negeri Laskar Pelangi

14 -16 Juli 2017

Festival Laskar Pelangi merupakan agenda tahunan di Belitung sejak 2013. Festival ini terdiri atas pentas seni gabungan tradisional dan modern, bazar serta karnaval. Di Festival Laskar Pelangi, pengunjung bisa menikmati sentuhan edukasi dan budaya. Beberapa workshop yang benar-benar mendidik akan digelar mulai dari fotografi, latihan musik dan bernyanyi, musik keroncong dan akustik, pameran lukisan, pentas seni tradisi, hingga Pawai Manusia Timah. Yang menjadi ikon adalah Tarian Pendulang Timah yang melibatkan ratusan anak-anak SMP.

Toboali City on Fire

27-30 Juli 2017

Awalnya acara ini hanya ingin memeriahkan 17 Agustus, untuk menggantikan karnaval karena di lihat biasa saja, di ubah untuk lebih mengarah ke seni. Pada kegiatan Toboali City on Fire terdapat 13 kegiatan diantaranya Kemah Wisata (Bike Packer Ngayau ke Lepar), Toboali Fashion Carnival, The Color Run, Toboali Photo Competition, Fam trip dan City Tour, Festival Band, Festival Seni Tradisional, Toboali Ethnic Fashion Model Contest, Festival Layangan, Toring Mobil, pertunjukan BMX, Seni Mural dan Barongsai.

Sungailiat Triathlon

22 April 2017

Penyelenggaraan ajang wisata olahraga yang memadukan olahraga renang, bersepeda, dan marathon (triathlon) tersebut digelar sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Bangka. Adapun penyelenggaraan Sungailiat Triathlon ini telah dimulai sejak tahun 2013. Untuk memeriahkan acara tersebut digelar pula pertunjukan kesenian daerah, acara Nganggung atau Sepintu Sedulang atau makan bersama dilakukan masyarakat Bangka, bazaar, festival kuliner khas Bangka, dan press tour.


Sumatera Selatan

Festival Musi Jazz Sriwijaya

Februari 2017

Musik jazz merupakan salah satu parameter perkembangan musik di suatu wilayah yang ada di dunia. Jazz secara internasional telah mendapat tempat tersendiri di hampir seluruh belahan dunia. Beberapa event jazz yang diselenggarakan di Indonesia seperti Jakjazz, Javajazz dan Jazz on Bromo telah masuk di dalam daftar jazz dunia yang wajib ditonton oleh para penikmat jazz di seluruh dunia. Bercermin dari keberhasilan pelaksanaan event jazz diatas, maka Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan memprakarsai Festival Musi Jazz Sriwijaya. Event ini telah dua kali dilaksanakan di Palembang pada bulan Februari bertempat di Palembang Sport and Convention Center (PSCC) pada tahun 2015 dan 2016.

Festival Kopi

Minggu ke-3 September 2017

Sumatera Selatan sebagai salah satu daerah penghasil kopi utama yang ada di Indonesia pada dasarnya sudah dikenal di mancanegara. Keunikan kopi Semendo dari Kabupaten Muara Enim serta Kopi Asli Pagar Alam sudah diakui secara nasional maupun internasional. Festival kopi dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan September 2017 di Kampung Wisata Halal AlMunawar Palembang dalam rangka menyambut Hari Kopi Internasional.

Festival Sriwijaya

Minggu ke-2 Juli 2017

Festival Sriwijaya merupakan kegiatan yang telah menjadi event rutin Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan setiap tahunnya yang dilaksanakan pada minggu ke-2 bulan Juli 2017 oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. Festival Sriwijaya merupakan wadah bagi semua pekerja seni yang berasal dari 17 Kabupaten dan kota yang berada di Sumatera Selatan. Tujuan utama dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi terhadap usaha maksimal dan berkesinambungan dari Pemerintah Kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.


Jambi

Festival Candi Muarajambi

April 2017

Festival budaya dan pariwisata yang dilaksanakan di Kawasan Candi Muarajambi, Kabupaten Muaro Jambi. Aktifitas yang dilakukan adalah pameran pariwisata dan UKM, pagelaran budaya tradisi, dan lombalomba.

Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) XVI/2017 (Danau Kerinci)

Mei 2017

Festival budaya dan pariwisata yang dilaksanakan di Pinggir Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci. Aktifitas yang dilakukan adalah pameran pariwisata dan UKM, pagelaran budaya tradisi, dan lomba-lomba.


Bengkulu

Festival Bumi RaffLesia

Oktober 2017

Event ini diadakan mengingat karakteristik Provinsi Bengkulu yang secara topografi, geografi maupun geomorfologis sangat berpotensi. Ruang lingkup kegiatan ini meliputi Pameran Wisata Kuliner (Kopi Tradisional), Mountain Bike (Sepeda Gunung), Pagelaran Seni Budaya, Pameran dan Bazaar, dan juga Fam Trip (Jelajah Bengkulu)

Festival Tabot

1-2 Muharram Kalender Islam 2017

Event ini merupakan tradisi budaya dan aset seni regional yang terus berkembang dan dipertahankan keberadaannya secara turun temurun. Adapun waktu dan tempat pelaksanaan yaitu pada tanggal 1 hingga 2 Muharram kalender islam dan bertempat di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu.

Lampung

Lampung Krakatau Festival

21-27 Agustus 2017

Lampung Krakatau Festival merupakan event pariwisata Lampung yang diselenggarakan setiap tahun. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenang meletusnya Gunung Krakatau pada tanggal 26 dan 27 Agustus 1883 serta sebagai sarana apresiasi seni budaya daerah dan sekaligus memperkenalkan daya tarik Wisata Lampung. Event ini menyuguhkan berbagai kegiatan budaya melalui Parade dan Karnaval Budaya Daerah.

Festival Way Kambas

Minggu ke-2 November 2017

Festival Way Kambas diselenggarakan setiap tahun dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan pendukung seperti penampilan seni budaya daerah, olahraga dan petualangan serta tentunya atraksi gajah-gajah dari Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas. Selain sebagai ajang promosi pariwisata event ini juga menjadi wadah apresiasi dan pelestarian seni budaya daerah, yang bertujuan untuk mengkampanyekan pelestarian Gajah Sumatera.

Lampung Bay Marathon LA 10K+

Minggu ke-3 April2017

Lampung Bay Marathon LA 10K+ adalah sebuah event olahraga lari dengan kategori yang dilombakan yaitu lari 10K, 10K+, 5K, 5K. Target peserta umum dan atlet dari lokal Lampung serta peserta tingkat nasional. Rute yang dilalui adalah daerah pesisir Teluk Lampung (Pantai Duta Wisata, Pantai Mutun dan Pulau Tangkil, Pantai Sari Ringgung, Dermaga Ketapang, Pantai Kelapa Rapat, Marine Eco Park).


Jawa Barat

West Java Performance Art Festival (Cirebon)

September 2017

Merupakan festival tahunan yang di selenggarakan di Jawa Barat. Pada festival tersebut akan hadir berbagai kegiatan seperti seminar seni – budaya dan sastra, pameran kerajinan dan artefak, serta pertunjukan seni budaya. Hal ini sebagai bagian dari promosi seni budaya Jawa Barat.

Geopark Surfing Exhibition

Agustus 2017

Acara ini merupakan upaya pemerintah Jawa Barat untuk menjadikan Ciletuh sebagai Global Geopark yang diakui oleh UNESCO. Di acara tersebut akan diselenggarakan pertunjukan budaya sekitar 500 peserta, geobike yang merupakan kegiatan bersih – bersih pantai sambil funbike. Ada pula program Geodive yang merupakan kegiatan bersih – besih laut dan menanam terumbu karang serta geosurf yaitu bersih – bersih laut sambil surfing.

International Penca Festival

Agustus 2017

Acara ini merupakan festival perlombaan penca yang diikuti oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Adapun festival ini berlangsung di beberapa kota di Jawa Barat.


Banten

Seba Baduy

Mei 2017

Seba itu sendiri merupakan penyerahan hasil tani atau hasil bumi pada pemerintah setempat yang biasa kita sebut dengan upeti pada kerajaan. Itu merupakan rasa syukur masyarakat baduy luar dan baduy dalam karena mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah.

Banten Beach Festival (Pantai Anyer)

Agustus 2017

Banten Beach Festival (BBF) adalah event wisata tahunan Provinsi Banten yang diselenggarakan di berbagai pantai yang ada di Provinsi Banten, di isi dengan berbagai kegiatan yaitu Spirit Babacakan Festival, Festival Layang-layang, Lomba Run Swim Run, Lomba Memasak Kabupaten/ Kota, Still Hijab On BBF, Banten Art Culture, Pameran Industri Pariwisata dan Cinderamata, Foto Contest 7 Wonderful Banten dan Spirit Babacakan, Aksi Sadar Wisata Kang Nong Banten dan hiburan.

Festival Tanjung Lesung

Festival Tanjung Lesung (FTL) adalah event pesona bahari yang diadakan untuk mendukung salah satu Destinasi Prioritas Nasional, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Event ini di isi dengan berbagai kegiatan yaitu Jukung Race dan Hias, Lomba Bebegig Sawah, Kontes Foto, Bisnis Forum, Seminar SDM Kepariwisataan, Pameran Produk dan Industri Pariwisata Provinsi Banten, Pameran Foto Ikon Banten, Gebyar Paguron, Kemah Wisata, Sosialisasi rhino/badak cula satu, hiburan.


DKI Jakarta

Festival Jakarta Great Sale

Juni – Juli 2017

Pesta Diskon di 78 Mall di Jakarta dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta. Acara ini berlangsung selama satu bulan penuh dimulai dari awal Juni hingga akhir Juli.

Jakarta Fashion & Food Festival (La Piazza Kelapa Gading)

7 April – 7 Mei 2017

Acara ini dimaksudkan dalam rangka memperkenalkan berbagai macam kuliner dan peragaan busana perancang lokal tanah air.

Jakarta Marathon (Monas)

Oktober 2017

Merupakan kegiatan olahraga lari untuk seluruh masyarakat baik nusantara maupun mancanegara. Rute yang dilalui adalah jalan-jalan utama ibukota.


Jawa Tengah

Borobudur International Festival

Juli 2017

Borobudur International Festival adalah event yang digelar tepat di kaki Candi Borobudur. Event ini menampilkan pertunjukan seni budaya dan pameran produk unggulan Jawa Tengah.

Borobudur Marathon

November 2017

Dalam rangka mempromosikan sport tourism, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan Borobudur Marathon 2017. Rute yang dilalui yaitu mengelilingi desa-desa di sekitarb Candi Borobudur.

Dieng Culture Festival (Dieng, Wonosobo)

Agustus 2017

Dieng Culture Festival merupakan acara tahunan khas dataran tinggi Dieng yang menampilkan berbagai kesenian dan budaya dengan inti acara pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng. Keunikan ritual ini ialah pemotongan rambut dilaksanakan atas permintaan anak dan harus memenuhi permintaan anak yang akan diruwat. Event yang selalu menyedot ribuan pengunjung ini juga dimeriahkan dengan acara jazz di atas awan, pesta lampion dan kembang api, festival film, dan lain-lain.


Daerah Istimewa Yogyakarta

Jogja International Street Performance

23 – 24 September 2017

Jogja International Street Performance (JISP) adalah event seni pertunjukan internasional yang dirancang oleh Dinas Pariwisata DIY bersama seniman-seniman Jogja. Event ini juga melibatkan seniman-seniman dari berbagai negara, sebagai sebuah ajang silaturahmi budaya antar bangsa. Tahun ini, event Jogja International Street Performance diselenggarakan di berbagai lokasi di wilayah DIY sebagai ruang pertunjukannya.

Jogja Air Show (Pantai Parangtritis, Parangkusuma & Depok, Bantul)

23 – 25 Februari 2017

Jogja Air Show telah diselenggarakan sejak tahun 2010. Untuk menambah daya tarik kawasan wisata Pantai Parangtritis, Parangkusumo dan Depok, Dinas Pariwisata DIY, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Bekerjasama dengan FASI DIY serta didukung Lanud Adisucipto Yogyakarta mengadakan kegiatan dirgantara yang bertajuk Jogja Air Show di kawasan pantai tersebut. Penyelenggaraan Jogja Air Show di Pantai Parangtritis, Parangkusumo dan Pantai Depok Bantul merupakan salah satu upaya untuk mengangkat potensi kawasan tersebut agar semakin dikenal oleh wisatawan dan masyarakat melalui kolaborasi antara keindahan obyek wisata pantai dengan komunitas dirganatara yang tergabung dengan wadah FASI DIY.

Jogja International Heritage Walk

18 – 19 November 2017

Jogja International Heritage Walk 2017 adalah sebuah event jalan kaki berskala International yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY berkerjasama dengan Jogja Walking Association sebagai organizing committee, dimana konsep yang diusung tidak hanya kesehatan (health), tapi juga gerakan sadar lingkungan (green environment), education and communication, dan pariwisata ekonomi melalui penanaman 1000 pohon di lereng Karang Tengah, Bantul. JIHW 2017 diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 18-19 November 2017 di Candi Prambanan dan Desa Imogiri, dengan pilihan rute yang ditawarkan 5, 10, dan 20 KM.


Jawa Timur

Jazz Gunung Bromo

18 – 19 Agustus 2017

Jazz Gunung adalah sebuah event musik jazz yang diselenggarakan di sebuah panggung terbuka di Java Banana Bromo Lodge yang terletak di Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Acara ini diadakan pertama kali pada tahun 2009 dan digagas oleh tiga orang yakni Sigit Pramono (seorang bankir dan fotografer), Butet Kartaredjasa dan Djaduk Ferianto. Menurut situs resmi Jazz Gunung, tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah sebagai gerbang hati bagi kebebasan jiwa, dengan kearifan alam pegunungan yang telah menjadi simbol budaya asli di nusantara. Diharapkan agar musik jazz hadir sebagai suatu kekuatan yang mampu mendorong dialog kemanusiaan yang memperkaya peradaban Indonesia sehingga perdamaian dapat berfungsi sebagai roh jazz itu sendiri.

Yadnya Kasada (Lautan Pasir & Kawah Bromo)

Juli 2017

Merupakan upacara adat masayarakat Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo yang diselenggarakan sebagai ungkapan rasa syukur dan permohonan kepada Sang Hyang Widhi, melalui rangkaian kegiatan yang dimulai dengan Medhak Tirta (mengambil air suci) dan diakhiri dengan melempar sesaji ke kawah Gunung Bromo.

Jember Fashion Carnaval

Agustus 2017

Event ini merupakan event budaya tahunan berskala internasional konsep fashion carnaval on the street. Kostum yang ditampilkan merupakan tren fashion dunia hasil kreativitas anak muda yang didesain sendiri dengan tema tertentu yang ditentukan oleh penyelenggara.

Majapahit Travel Fair

13 – 16 April 2017

Majapahit Travel Fair Merupakan event pariwisata berskala internasional yang telah 18 tahun dilaksanakan. Rangkaian acara Majapahit Travel Fair meliputi travel exchange yang mendatangkan pembeli dari mancanegara, pameran, fam trip, penampilan kesenian dan aneka lomba.


Kalimantan Barat

Cap Go Meh

13 Februari 2017

Kota Singkawang memiliki kebanggaan terhadap peninggalan warisan budaya Cap Go Meh yang menyajikan atraksi magis spiritual loya yang sangat spektakuler. Event pariwisata berbasis budaya Tionghoa ini merupakan salah satu andalan dalam mendatangkan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara ke Kalimantan Barat. Event ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun, tepatnya hari ke-15 (lima belas) setelah imlek. Berpusat di Kota Singkawang, ratusan Tatung melakukan parade mengelilingi kota beserta kelompok pemukul gendang untuk mengusir roh jahat.

Kulminasi Matahari

21-23 Maret & 21-23 September 2017

Letak Kota Pontianak yang tepat berada di garis khatulistiwa, mewariskan pesona alam yang sangat menakjubkan bagi setiap orang yang mengunjunginya. Para wisatawan dapat mengeksplorasi pengalamannya terhadap fenomena alam ini selama 5-10 menit. Pada saat bersamaan suku Dayak, Melayu, Tionghoa dan lainnya memamerkan peninggalan wariwan budaya melalui pameran budaya dan pariwisata. Kulminasi ini dapat disaksikan setiap tahun pada tanggal 21 s/d 23 Maret dan 21 s/d 23 September bertempat di Tugu Khatulistiwa Kota Pontianak.

Pekan Gawai Dayak (Rumah Radakng Pontianak)

13 Februari 2017

Pekan Gawai Dayak merupakan salah satu pesta besar sebagai ucapan terima kasih kepada sang Pencipta “Jubata” atas panen padi yang berlimpah dam digelar oleh suku Dayak. Acara ini melambangkan persatuan, aspirasi, identitas kemakmuran serta memperkenalkan bahwa masyarakat Dayak memiliki andil dalam pemersatuan bangsa Indonesia. Festival tahunan ini menampilkan berbagai kolaborasi seni tradisional dan modern meliputi ritual, tarian, pameran kerajinan Dayak, permainan tradisional rakyat, seminar, fashion show serta kontes Bujang Dara Dayak.


Kalimantan Tengah

Festival Budaya Isen Mulang (Palangkaraya)

18 – 24 Mei 2017

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) diseleng- garakan dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Kalimantan Tengah setiap tahun. Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) diikuti 13 Kabupaten dan 1 Kota se-Kalimantan Tengah. Hasil Pemilihan Putera Puteri Pariwisata akan diikutkan pada lomba tingkat nasional.


Kalimantan Timur

Erau International Folklore Art Festival (Tenggraong, Kutai)

22 – 130 Juli 2017

Erau Adat Kutai dilaksanakan setiap bulan Juli dan telah menjadi agenda internasional di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Event ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara bekerja sama dengan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan CIOFF (Organisasi Penyelenggara Folklore) Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan dalam event ini adalah upacara adat kesultanan yang berlangsung selama tujuh malam di Keraton Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Sehari sebelum Upacara Adat Erau dimulakan, dilaksanakan Kirab Budaya yang diikuti oleh seluruh paguyuban etnis dan peserta International Folk Art Festival. Sementara di luar keraton, berlangsung berbagai pertunjukan seni dan budaya asli daerah Kutai Kartanegara dan nusantara, penampilan kesenian rakyat mancanegara, lomba permainan dan olahraga tradisional, lomba pacu perahu motor, serta pameran, bazar rakyat dan festival kuliner.

Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam (Stadion Madya Sempaja, Samarinda)

Minggu ke-2 September 2017

Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam merupakan kegiatan tahunan di Kalimantan Timur. Dalam pelaksanaan Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam diisi dengan berbagai bentuk kegiatan seperti Pawai Budaya, Pergelaran Kesenian, dan Pemilihan Putri Pariwisata serta Duta Wisata Tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Festival Mahakam Samarinda

Minggu ke-1 November 2017

Festival Mahakam adalah event akbar tahunan di kota Samarinda yang dimulai sejak tahun 1999. Acara ini berlangsung setiap akhir pekan di minggu pertama pada bulan November setiap tahunnya. Tujuan dilaksanakannya event ini untuk mempromosikan Sungai Mahakam dan Kota Samarinda serta menjadikan Festival Mahakam sebagai event yang wajib dikunjungi setiap tahunnya.

Festival Budaya Pasar Terapung

13 Febaruari 2017

Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Festival Budaya Pasar Terapung dalam rangka untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Event ini bersamaan dengan hari jadi Kota Banjarmasin yang ke-490 yang akan diselenggarakan di pinggir Sungai Martapura. Selama lima hari penyelenggaraan festival akan dipentaskan berbagai kegiatan seni dan budaya daerah Kalimantan Selatan, termasuk juga parade dan jukung hias di Sungai Martapura.

Pesta Laut Mappanretasi (Pantai Pagatan)

April 2017

Mappanretasi (bahasa Bugis Mappanre dan Tasi, (Indonesia) memberi makan laut) atau lebih dikenal dengan Pesta Laut atau Pesta Pantai adalah sebuah festival adat suku Bugis yang diturunkan secara turun-temurun. Acara ini berlangsung setiap bulan April di Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Festival yang dilangsungkan selama tiga minggu ini dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rezeki yang dilimpahkan dari pantai Pagatan yang menjadi sumber utama penghidupan masyarakat bugis Pagatan yang berprofesi sebagai nelayan.

Bamboo Rafting Festival (Loksado)

Mei 2017

Sebanyak seribu orang datang menyaksikan dan mengikuti Festival Loksado yang dirangkai dalam kegiatan Balanting Paring (Bamboo Rafting), Fun Trekking, Unjuk Budaya dan Penanaman Pohon di Kawasan Wisata Loksado, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Festival Loksado yang berlangsung selama dua hari ini dimeriahkan dengan tarian dan seni budaya lokal serta pameran karya seni tradisional sebagai pernak pernik festival.

Kalimantan Utara

Festival Budaya Iraw Tengkayu (Tarakan)

Desember 2017

Pelaksanaan Festival Budaya Iraw Tengkayu dilaksanakan oleh pemerintah sejak tahun 2001. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini digabungkan dengan perayaan HUT Kota Tarakan setiap dua tahun sekali. Puncak kegiatan pelaksanaan Festival Budaya Iraw Tengkayu yaitu penurunan Padaw Tuju Dulung (perahu tujuh haluan) dengan cara menghanyutkan Padaw ke laut.


Sulawesi Utara

Festival Pesona Bunaken (Manado)

September 2017

Festival tahunan ini akan diadakan di beberapa titik di Manado dan berlangsung selama sepekan. Berbagai kegiatan yang akan berlangsung seperti lomba memancing yang akan diadakan di Pantai Megamas, lomba foto bawah laut, lomba seni tari maengket, music bamboo dan kolintang serta pemilihan Putra Putri Bunaken. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh pesta musik.

Tomohon International Flower Festival (Tomohon)

8-12 Agustus 2017

Acara yang semula diadakan setiap dua tahun sekali ini sekarang sudah menjadi acara rutin tahunan di Tomohon. Festival ini akan berlangsung selama 5 hari. Berbagai kegiatan yang diadakan diantaranya turnamen bunga berupa pawai kendaraan hias. Kemudian kontes Ratu Bunga untuk menjaring para putri terbaik se-Indonesia yang memiliki bakat dan kemampuan serta rasa cinta akan bunga.


Sulawesi Tengah

Festival Pesona Teluk Tomini (Kabupaten Parigi Moutong)

1-9 April 2017

Festival Pesona Teluk Tomini merupakan agenda rutin pariwisata kabupaten Parigi Moutong setiap tahunnya. Berangkat dari berbagai kekayaan dan keunikan Sumber Daya Alam yang dimiliki Kabupaten Parigi Moutong, maka pada pelaksanaan Festival Peson Teluk Tomini tahun 2017 kali ini mengangkat tema “Teluk Tomini Surga di Khatulistiwa” yang merupakan rangkaian kesatuan kalimat yang memberikan makna bahwa Teluk Tomini merupakan salah satu daerah yang dilintasi garis khatulistiwa yang memiliki keindahan alam bawah laut yang mempesona.

Festival Pesona Palu Nomoni (Teluk Palu)

27-30 September 2017

Pesona ritual tradisi di Kota Palu merupakan bagian penting yang tak terpisahkan dari alamnya, sebagai bentuk penghormatan pada alam dan ungkapan rasa syukur pada Sang Pencipta, maka pemerintah Kota Palu menghadirkan proses ritual tersebut dalam event Pesona Palu Nomoni 2017. Selain ritual tradisi juga diangkat seni pertunjukan dengan menggunakan media alat musik tradisional diantaranya Gimmba, Lalove, Kakula, Kecapi, Rebana, gamba-gamba dan lain sebagainya. Selain itu, berbagai pertunjukan juga menonjolkan seni multimedia dan kolaborasi lintas etnis nusantara yang terwakilkan dalam paguyuban di Kota Palu dalam panggung Seni Budaya Nusantara.


Sulawesi Tengah

Festival Pesona Danau Tektonik Poso (Kabupaten Poso)

Pada acara ini mewajibkan para panitia, peserta, tamu, serta masyarakat yang menyaksikan untuk menggunakan pakaian adat khas Kabupaten Poso. Hal ini dilakukan sebagai wujud menumbuhkan rasa kebanggaan masyarakat terhadap warisan budaya Poso. Untuk memeriahkan acara, saat malam akan dilaksanakan pelepasan lampion dan pesta kembang api. Rangkaian festival ini juga akan menampilkan pemilihan Putri Danau Poso, perlombaan olahraga modern dan tradisional, serta pergelaran musik dan budaya.


Sulawesi Barat

Festival Manggaro (Mamasa)

20-31 Agustus 2017

Festival Manggaro adalah bagian dari ritual adat Rambu Solo (Upacara Pemakaman) di Kabupaten Mamasa. Tradisinya, masyarakat Mamasa menguburkan jenazah tidak dengan memasukannya ke dalam liang lahat, tapi diletakkan atau dimasukkan di dalam rumah pemakaman yang disebut alang- alang. Festival Manggaro menjadi sebuah daya tarik wisata karena merupakan atraksi budaya yang menumbuhkan rasa kagum atas wujud budaya pedalaman yang dibalut dalam ritual keyakinan. Keyakinan terhadap strata sosial dan keyakinan pada Sang Pemberi Kehidupan di bumi dan setelah kematian.

Sandeq Race (Polman – Mamuju)

17-24 September 2017

Sandeq adalah perahu tradisional suku Mandar. Dahulu kala, perahu ini digunakan sebagai transportasi untuk berdagang dan menangkap ikan di laut. Passandeq (Pelaut Mandar) melakukan inovasi dan Bodi Sandeq lebih dirampingkan. Sandeq pun dilombakan untuk menguji kecepatan dan ketangkasannya membelah ombak. Sandeq Race dikenal sebagai perlombaan perahu tradisional dengan tagline “The Hardest, The Longest adn The Fastest”.

Festival Karampuang (Mamuju)

24-27 September 2017

Festival Karampuang adalah sebuah event wisata budaya bahari yang menghadirkan beberapa perlombaan, menu, dan kesenian tradisional. Disajikan pula atraksi karnaval serta diving dan snorkeling di Taman Laut Pulau Karampuang yang memiliki beberapa spot-spot cantik seperti Hiu Putih, Meja Karang, dan Penyu.

Gorontalo

Festival Pesona Kirab Laut Nusantara Gorontalo

1-10 Mei 2017

Merupakan event budaya etnis Tionghoa yang dipadukan dengan budaya etnis Gorontalo dalam rangka memperingati ulang tahun Dewi Samudra dan sudah 3 kali dilaksanakaan di Gorontalo. Prosesi Kirab Laut berupa arak-arakan kendaraan hias tradisional dari klenteng kota menuju ke Pelabuhan Gorontalo, kemudian naik kapal hias sampai ke depan Tanjung Kramat dan dilanjutkan dengan jalan kaki sampai ke Klenteng Hong San Bo di Tanjung Kramat.

Festival Pesona Pulo Cinta Gorontalo (Pulo Cinta)

5-15 Oktober 2017

Festival Pesona Pulo Cinta merupakan event tahunan masyarakat Gorontalo yang digelar selama sepekan yang diisi dengan 11 kegiatan. Adapun kegiatan tersebut diantaranya turnamen Boalemo graviti, lomba fotografi, pemilihan Nou dan Uti, lomba dayung perahu tradisional, karnaval budaya, Boalemo Expo, Festival Tumbilotohe dan tarian tradisional di atas bara api.

Festival Pesona Gorontalo Triatlon/Marathon

26 Agustus – 10 September 2017

Event ini baru pertama kali dadakan di Gorontalo dan akan dikemas dengan beragam festival seperti Festival Karnaval Karawo, Festival Pesona Saronde, Festival Pesona Danau Limboto, dan Travel Mart Regional. Para peserta juga dapat menikmati wisata kuliner, bazaar serta pertunjukan musik sambil menunggu para pelari mencapai garis finish.


Sulawesi Selatan

Festival Takabonerate (Sepulauan Selayar)

September 2017

Takabonerate adalah gugusan pulau-pulau yang memiliki atol terbesar ketiga di dunia yang memiliki keindahan bawah laut dan spot diving terbaik di dunia. Festival Takabonerate dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti lomba memancing, lomba renang, kuliner, serta atraksi budaya dan lomba internasional Pesona Takabonerate.

Festival Kuliner Explore South Sulawesi (Makassar)

Agustus 2017

Festival Kuliner Explore South Sulawesi adalah sebuah kegiatan yang menawarkan produk-produk makanan dan minuman lokal daerah Sulawesi Selatan, seperti : Pisang Epe, Bassang, Baroncong, Aneka Putu, Sarabba, dan sebagainya. Festival Kuliner ini akan dimeriahkan dengan beragam atraksi budaya, permainan, dan pemeran foto.

Lovely December (Toraja)

26-30 Desember 2017

Lovely Toraja atau Lovely December adalah program tahunan yang menampilkan berbagai potensi kesenian dan budaya Toraja dalam bentuk atraksi seni budaya. Selain itu, event ini juga menampilkan Festival Kopi & Internasional Barista Competition, Festival Foto Wisata, Toraja Night Run, Pameran Kuliner, Pagelaran Seni Budaya serta Event Puncak Lovely Desember dan perayaan Natal.


Sulawesi Tenggara

Halo Sultra

23-27 April 2017

Halo Sultra merupakan pameran seni, budaya, pariwisata, dan peluang investasi Sultra yang sudah dilaksanakan selama 9 tahun berturut-turut. Pengunjung dapat menikmati berbagai pagelaran tari tradisional, musik tradisional, karnaval budaya/tenun, fotografi pariwisata, kuliner khas daerah, seminar pariwisata ataupun pameran-pameran. Acara ini diadakan selama 5 hari berturut-turut.

Wakatobi Wonderful Festival Expo

6-7 September 2017

Wakatobi Wonderful Festival & Expo (WWave) merupakan pameran pariwisata dan expo produk unggulan dan potensi alam Wakatobi. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan berbagai kegiatan pameran, pariwisata bahari, seni buday, dan sejenisnya.

Festival Kesultanan Keraton Buton (Baubau)

10-16 Oktober 2017

Festival Keraton Buton merupakan bingkai sejarah dan budaya serta merupakan implementasi interaksi budaya dan lingkungan untuk melestarikan seni budaya dan pengenalan sejarah terhadap generasi muda untuk menjaga kearifan lokal yang ada dalam masyarakat Buton. Dengan tema “living the history”, acara ini diadakan di Kesultanan Buton selama 7 hari.


Bali

Denpasar Festival

28-31 Desember 2017

Denpasar sebagai kota yang kaya akan nilai luhur menyadari eksistensinya sebagai denyut nadi Pulau Bali, yang sudah memiliki image yang kuat di mancanegara. Denpasar mengambil peran strategis untuk merespon dengan bijak arus perubahan global, menjawab tuntutan pariwisata dengan pertimbangan yang lebih komprehensif, serta terbangunnya kesadaran dan kesiapan dalam persaingan pasar bebas. Setiap tahunnya, Denpasar Festival mengambil tema yang berbeda-beda, namun semua itu mengarah pada unsur inovasi dan kreativitas.

Nusa Dua Festival

11-15 Oktober 2017

Nusa Dua Festival adalah kegiatan promosi tahunan yang diadakan di kawasan Pariwisata Nusa Dua, tepatnya di kawasan BTDC. Event ini memadukan gemerlapnya pariwisata kelas bintang lima dan budaya nasional yang menampilkan serangkaian kegiatan berupa pameran, pagelaran seni budaya nusantara, sport tourism, kuliner, pertunjukan musik, dan aneka hiburan dari hotel-hotel di kawasan ini. Selain itu, event ini juga menampilkan berbagai informasi potensi daerah, pemasaran produk dan jasa unggulan nasional, pariwisata dan industri, perdagangan, kerajinan dan UKM yang ramah lingkungan

Pesta Kesenian Bali (BALI ART FESTIVAL)

10 Juni – 8 Juli 2017

Pesta Kesenian Bali merupakan event tahunan masyarakat Bali sebagai implementasi dari komitmen Pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya Bali. Pesta Kesenian Bali Tahun 2017 akan dimulai pada tanggal 10 Juni sampai 8 Juli 2017 dengan mengangkat Tema “Ulundanu: Melestarikan Air Sumber Kehidupan”.

Nusa Tenggara Barat

Festival Bau Nyale (Kawasan Mandalika)

Februari 2017

Festival Bau Nyale adalah sebuah event festival rakyat yang ada di Pulau Lombok, khususnya di Kabupaten Lombok Tengah. Festival ini melibatkan berbagai lapisan masyarakat, dimana mereka berlomba-lomba untuk mencari dan mendapatkan hewan sejenis cacing yang diyakini merupakan penjelmaan dari Putri Mandalika, yang konon berubah setelah bunuh diri. Festival Bau Nyale setiap tahunnya disambut dengan berbagai rangkaian acara hiburan selama beberapa hari dengan puncak acara yaitu penangkapan Nyale atau dalam bahasa Sasak disebut dengan “Bau Nyale”.

Rinjani 100 (MRU) 2017

Agustus 2017

Kegiatan Rinjani 100 adalah event lari marathon yang diadakan di sekitar kawasan Gunung Rinjani dengan diikuti oleh pelari-pelari dari 24 negara. Aktivitas utama Rinjani 100 tahun 2017 ini adalah lari marathon yang terdiri dari dua nomor lari yaitu 52 km dan 21 km. Garis start dimulai dari pintu masuk Senaru di ketinggian 600 mddpl dengan medan hutan lebat sebanjang 85 km dan bukit berbatu 2 km. Bagi pelari yang menempuh jarak 21 km, petualangan mereka berakhir di Plawangan Senaru yang memiliki pemadangan padang savana nan indah.

Tambora Menyapa Dunia

12-16 April 2017

Tambora Menyapa Dunia diselenggarakan untuk memperingati dua abad meletusnya Gunung Tambora, tahun 1815-2017. Kegiatan ini sekaligus mendukung kawasan Gunung Tambora menjadi Taman Nasional, memperkenalkan Gunung Tambora sebagai tujuan wisata alam kepada para pendaki gunung baik nasional maupun internasional, serta mendukung program Visit Lombok Sumbawa.


Nusa Tenggara Timur

Semana Santa

Seminggu menuju Paskah 2017

Perayaan warisan Portugis di Larantuka tersebut merupakan ritual yang dilakukan sejak 5 abad lalu. Makna perayaan menempatkan pusat ritual kepada Yesus dan Bunda Maria sebagai perempuan berkabung (Mater Dolorosa) karena menyaksikan penderitaan anaknya sebelum dan saat disalibkan. Perayaan Semana Santa ini berlangsu selama seminggu penuh masa Pekan Suci Paskah.

Tour de Flores

15-23 Mei 2017

Tour de Flores didakan karena terinspirasi oleh event sejenis lainnya,seperti Tour de France (sejak 1903), Tour de Singkarak (sejak 2009) dan Tour de Banyuwangi Ijen (sejak 2012), yang merupakan event olahraga namun memiliki dampak pariwisata yang luar biasa. Tour de Flores 2017 (15 – 23 Mei 2017) akan menempuh jarak sepanjang 743 km dan terbagi atas 5 etape. Berawal dari Larantuka di Flores Timur, sampai Labuan Bajo di Manggarai Barat.

Perang Adat Pasola (Pulau Sumba)

Awal Februari 2017

Ini merupakan tradisi perang-perangan dengan menunggang kuda sambil menyerang lawan dengan lembing. Kegiatan Pasola ini biasanya diadakan di dua kabupaten yaitu Kabupaten.


Maluku

Festival Teluk Ambon

8-10 September 2017

Festival teluk ambon merupakan salah satu event tahunan Pariwisata Maluku yang telah berlangsung sejak tahun 2005 dengan nama Pesta Teluk Ambon. Telah berlangsung 11 kali, event tahunan ini bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata Maluku (khususnya wisata bahari) yang ada di Teluk Ambon.

Maluku Utara

Festival Pesona Budaya Banda

11-13 November 2017

Kepulauan Banda menyimpan sejuta pesona yang berbeda dengan tempat lain di Indonesia. Mulai dari wisata bahari, wisata budaya hingga wisata sejarah. Festival Pesona Budaya Banda menampilkan kegiatan-kegiatan yang menjadi keunggulan budaya Banda, mulai dari perahu belang, sasi lola, dan tarian-tarian serta musik di balut dalam kemegahan pulau Banda.

Festival Teluk Jailolo (Halmahera Barat)

April 2017

Festival Teluk Jailolo adalah acara tahunan yang dilaksanakan pemerintah daerah Halmahera Barat untuk mempromosikan Halmahera Barat sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia Timur. Festival ini mengedepankan keindahan alam, aneka kuliner Halmahera Barat, potensi bawah laut, Adat istiadat dan keragaman budayanya.

Legu Gam

Mei 2017

Legu Gam atau pesta rakyat adalah event tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat adat Ternate melalui kesultanan Ternate pada waktu ulang tahun sultan. Pada event ini seluruh masyarakat Ternate akan berkumpul di kedaton sultan, kemudian memberikan doa kritikan serta masukan kepada sultan.

Festival Tidore

Mei 2017

Festival Tidore adalah pesta rakyat yang juga dilaksanakan bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Tidore yang sudah berusia 900-an. Event ini diawali dengan prosesi Dowari untuk mengawali semua kegiatan adat, baru kemudian diikuti dengan berbagai ritual dilaksanakan untuk membersihkan negeri maupun untuk keselamatan negeri.


Papua Barat

Festival SENI Budaya

Oktober 2017

Festival yang melibatkan 12 kabupaten/kota di Papua Barat ini dihelat untuk melestarian seni dan budaya Papua, sekaligus merayakan hari ulang tahun provinsi tersebut. Ada berbagai lomba digelar seperti lomba tari kreasi, lomba cipta lagu, lomba musik tradisional, lomba kuliner Papua, dan lomba seni budaya. Salah satunya yang menarik dalam festival ini adalah masyarakat dapat menyaksikan tarian engge, aforefe, dan slawa dari suku Tehit. Tari Engge adalah sebuah tarian untuk memuja Tuhan, Tari Aforefe berupa tarian pergaulan muda mudi, dan Tari Slawa merupakan tarian kemenangan atau sukses mencapai tujuan.

Festival Pesona Raja Ampat

Oktober 2017

Festival bahari yang berbasis maritim dan keragaman budaya ini menjadi menjadi wahana pelestarian seni budaya masyarakat dan pelestarian alam yang menjadi ikon Raja Ampat. Ada berbagai acara menarik digelar berpusat di pantai WTC (Waisai Torang Cinta). Anda dapat bergabung dengan ribuan warga lokal untuk menikmati banyak atraksi seru berupa aneka lomba, pentas seni dan tari, pameran, serta hiburan rakyat. Sejumlah kegiatan pendukung juga digelar seperti lomba underwater foto, beach clean, scuba diving, lomba bahari, wisata kuliner, lomba seni kerajinan tangan masyarakat, paket wisata alam, dan lomba foto jurnalis.

Festival Arfak

November 2017

Festival ini digelar bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pegunungan Arfak sekaligus mempromosikan Pegunungan Arfak yang memiliki daya tarik alam, budaya, dan keanekaragaman flora dan fauna. Di festival ini hadir aneka kegiatan menarik diantaranya adalah tarian penyambutan tamu dan tarian di atas rumah tradisional kaki seribu, lomba fotografi, lomba merangkai bunga, lomba sepeda gunung dan motor cross dengan jalur trekking melintasi perbukitan berkelok di sekeliling Danau Anggi.


Papua

Festival Lembah Baliem

5-9 Agustus2017

Festival ini melibatkan suku-suku di Kabupaten Jayawijaya, seperti suku Dani, suku Lani, dan suku Yali. Anda dapat melihat kegiatan seni dan budaya, terutama pertunjukan perang yang dihelat di lahan seluas 400 meter dengan melibatkan 500 sampai 1000 yang terdiri dari tentara dan penari, dengan diiringi oleh musik tradisional, pikon. Ada juga beragam kegiatan menarik lainnya seperti penampilan tari-tarian adat, pertunjukan balapan karapan anak babi, puradan (permainan melempar tombak ke arah bulatan rotan yang sedang berputar saat dilemparkan), sikoko (permainan menggunakan kayu jenis pion yang di lemparkan menuju sasaran yang sudah ditunjuk), dan berbagai macam perlombaan kebudayaan bagi wisatawan asing seperti melempar tombak (sege) ke sasaran yang sudah di tentukan dengan tepat, dan panahan (memanah sasaran pada batang pisang).

Festival Munara Wampasi (Biak)

Juli 2017

Festival yang menarik ini hadir di Pulau Biak, Papua dengan menampilkan berbagai kegiatan seperti menangkap ikan secara adat (snap mor), menyelam tradisional, lomba foto bawah laut, Padaido Island Tour, Biak Exotic Tour, apen bayeren (berjalan di atas bara api berupa batu atau bongkahan karang), dan juga pameran anggrek dan cenderamata. Beraneka tujuan wisata bahari memikat dapat Anda temukan di Biak.

Festival Budaya Asmat

Oktober 2017

Festival ini rutin digelar setiap tahunnya sejak 1981 dengan berbagai pertunjukan budaya papua seperti tarian dan musik, lelang patung, demo membuat ukiran, lomba perahu, dan pemilihan duta wisata Asmat. Keuskupan Agast-Asmat dan Pemkab Asmat menggelar acara ini setiap bulan Oktober demi mempertahankan Asmat sebagai situs budaya dan memperkenalkan Kabupaten Asmat sebagai tujuan wisata. Selain itu, juga demi melestarikan nilai-nilai budaya suku Asmat yang telah diakui dunia sebagai situs warisan budaya.

Sumber: http://pesona.indonesia.travel/berita/kalender-event-pilihan-2017-di-tanah-air/

One thought on “Kalender Event Nusantara Tahun 2017

Tinggalkan Komentar