Barang Apa Saja Yang Wajib Kamu Bawa Ketika Traveling?

Traveling merupakan kegiatan yang kian populer dan digemari masyarakat Indonesia baru-baru ini. Dari kalangan belia hingga dewasa, bahkan beberapa di antaranya dianggap cukup tua untuk melakukan hal yang melelahkan. Pun begitu, traveling tetap asik dinikmati ketika keperluan pendukung sudah dilengkapi. Seperti barang (kebutuhan) bawaan misalnya.

Tak jarang, masih banyak traveler yang belum bijak dalam membawa barang bawaannya. Alhasil banyak yang tidak berfungsi, bahkan malah bikin berat tas yang kamu bawa. Di sisi lain, ada pula yang ketinggalan barang penting ketika traveling.

Nah, untuk menghindari hal di atas menimpa diri kamu, centang daftar bawaan kamu barang apa saja yang perlu dibawa ketika bepergian.

Uang, Baik Debit, Kredit, Maupun Tunai

Traveling tapi lupa bawa uang? Please, mendingan jangan traveling sekalian. Traveling memang membutuhkan biaya ya guys, adim jangan sampai kamu melewatkan barang ini untuk tidak dibawa. Tidak mungkin kan, kamu melewatkan makan atau tak membeli sesuatu yang kamu butuhkan selama di perjalanan?

Pecahan lima ratus
Walau berat dan memakan tempat, uang receh kadang bermanfaat selama traveling

Pakaian Ganti

Pakaian ganti adalah prioritas lainnya yang wajib kamu masukkan ke daftar barang bawaanmu. Mengapa begitu? Mau jauh atau dekat dalam melakukan perjalanan, kamu pasti ingin sandang yang menempel di badang selalu nyaman digunakan. Maka dari itu wajib hukumnya membawa setidaknya satu stel saja.

Jaket

Meskipun Indonesia memiliki iklim tropis, kamu tidak boleh melewatkan jaket di daftar barang yang wajib kamu bawa. Jaket akan melindungi kamu di musim apapun. Justru ketika musim kemarau, di pagi hari akan terasa dingin menyengat daripada musim hujan itu sendiri.

Obat-obatan Pribadi

Ini wajib banget untuk dibawa. Kamu tidak tahu seperti apa kondisi kamu nanti ketika melakukan perjalanan. Setidaknya siapkan obat masuk angin, obat pusing, hansaplast, betadine, dan lain-lain. Sekiranya sangat dibutuhkan ketika traveling.

Perlengkapan Pribadi

Perlengkapan pribadi itu bermacam-macam. Menurut saya, peralatan mandi, make up, dan juga pernak-pernik (syal, topi, kaos kaki, sarung tangan, handuk kecil) yang penting untuk dibawa itu termasuk perlengkapan pribadi. Jadi jangan sampai kamu lewatkan juga ya.

Handphone Beserta Charger-nya, Kalau Perlu powerbank-nya Juga

Barang ini merupakan hal yang tentunya sangat penting yang harus kamu bawa. Handphone bisa menjadi media komunikasi selama kamu traveling. Selain untuk komunikasi, handphone juga berguna untuk mencari informasi yang kamu butuhkan selama di perjalanan, rekomendasi tempat makan, serta informasi lainnya. Tentunya jangan lupa membawa charger dan powerbank untuk asupan tenaga yang lebih lama buat handphone kamu.

Dokumen Pribadi (KTP, Passport, SIM, dan Lainnya)

Dokumen ini pasti akan kamu gunakan selama traveling. Sekadar digunakan untuk memesan tiket, rental motor, atau jika terjadi sesuatu (tersesat mungkin?) selama traveling dokumen ini akan sangat membantumu.

Perlengkapan Kecil yang Tak Disangka Sangat Kamu Butuhkan

Perlengkapan kecil yang dimaksud seperti tisu, koran, jas hujan, payung, dan lain-lain.

Perlengkapan kecil tersebut tak akan disangka akan membantu kamu selama traveling, namun termasuk perlengkapan yang sering dilupakan.

Kenapa Koran jadi salah satu barang yang cukup penting? Koran bisa kamu gunakan untuk mengeringkan sepatu yang basah, apalagi di saat musim hujan seperti ini. Kamu cukup memasukkan koran bekas ke dalam sepatu, dan air yang ada di sepatumu akan diserap oleh Koran tersebut.

Sedia payung sebelum hujan
Selain melindungi diri dari hujan, payung juga bisa digunakan melindungi dari sengatan teriknya matahari. Bisa buat properti foto juga!

Tak ketinggalan juga jas hujan/payung. Meskipun kamu menggunakan transportasi umum, tapi apa salahnya jika kamu tak melupakan barang tersbeut. Ini penting, dan akan sangat bermanfaat di perjalananmu.

***

Melakukan sebuah perjalanan akan tampak mudah jika kamu mempersiapkannya dengan baik dan bijak. Jangan sampai melupakan barang penting yang seharusnya bisa bermanfaat selama perjalanan ya!

7 thoughts on “Barang Apa Saja Yang Wajib Kamu Bawa Ketika Traveling?

  1. Payung dan jaket memang penting banget. Apalagi kalau traveling via kereta yang itu kadang suhunya bisa dingin sekali, jaket adalah penyelamat hidup. Karena saya suka rental motor kalau ke mana-mana jadi bawa kartu identitasnya kadang banyak, biar cuma traveling ke dalam negeri kadang sampai bawa paspor juga, haha. Soalnya rental motor mintanya sampai tiga kartu identitas.

Tinggalkan Komentar